Wasir, dr. Niko dan Pengalaman Saya


www.revolutionhealth.com

“Ada pasien yang datang kepada saya tapi wasirnya sudah parah sekali. Katanya dia sudah berobat ke beberapa orang yang membuka praktek alternatif untuk pengobatan wasir tapi tidak sembuh dan malah habis puluhan juta. Saya kasihan melihat pasien-pasien itu,” kata dr. Niko M. Manaf ahli bedah digestif, yang telah menangani ribuan pasien penderita wasir dan menyembuhkannya secara total. Inilah pengalaman saya yang sejak delapan tahun lalu sembuh total dari wasir setelah ditangani oleh dr. Niko.

Oleh Rusdi Mathari

NAMA dr. Niko bagi saya dan istri saya adalah nama yang istimewa dan mungkin seumur hidup tak akan pernah dilupakan. Saya berkenalan dengannya delapan tahun lalu ketika saya harus menjalani “operasi” wasir. Mitos bahwa operasi wasir akan mengakibatkan impotensi sama sekali tak terbukti pada saya dan sebaliknya saya sudah menikmati terbebas dari wasir selama delapan tahun dengan tingkat kesembuhan total.

Saya adalah penderita wasir akut selama 15 tahun lalu sebelum akhirnya dioperasi pada 22 Mei 2000. Suatu hari pada 1985 ketika saya duduk di bangku SMA di Situbondo Jawa Timur, dari lubang anus saya menyembur darah segar atau mengalami pendarahan. Saat itu saya memang sedang BAB. Saya kaget tapi tidak tahu mengapa keluar darah dan apa yang akan saya alami setelah itu, saya juga tak menghiraukan “peringatan” dini itu. Hari-hari setelah itu kemudian hari-hari yang sebagian besar saya jalani dengan penderitaan demi penderitaan: buang air susah dan menyiksa (karena sakit), duduk tak nyaman, tidurpun tak nyenyak. Siksaan itu semakin menjadi ketika setelah lepas kuliah dari Malang saya menekuni dunia wartawan di Jakarta pada 1990.

Belakangan saya tahu, saya menderita wasir atau ambeien alias hemoroid (hemorrhoids). Saya malu dan merahasiakan penyakit itu dari siapa saja. Selama itu pada saat wasir kambuh saya selalu berusaha mengkonsumsi obat-obat penawar. Bermacam-macam, mulai dari yang diminum hingga yang harus dimasukkan ke dalam lubang anus. Aneka jamu juga saya konsumsi selain pada hari-hari tertentu saya juga mendatangi tukang pijat refleksi untuk pengobatan wasir. Hasilnya tentu saja ada.

Misalnya setelah minum obat-obat atau jamu-jamu dan dipijat refleksi, wasir saya tak kambuh lagi. Namun sifatnya hanya sementara. Beberapa hari kemudian setelah itu, wasir saya kembali kumat dan membuat saya kembali merasakan pedih yang sangat dan gatal di sekitar anus, dan tak nyaman beraktivitas. Pernah saya meraung-raung di kamar mandi kantor tempat saya bekerja karena sakit luar biasa saat BAB. Saat saya lihat ke bawah, darah kental berwarna merah pekat keluar bersama kotoran saya.

kavips.wordpress.com

Pola hidup saya yang tidak doyan olahraga; gemar makan makanan yang pedas; menghabiskan banyak waktu hanya dengan duduk; kurang meminum air putih, sayuran dan buah; dan pada rentang waktu itu suka mengkonsumsi minuman beralkohol; adalah kombinasi lengkap bagi kambuhnya wasir yang saya derita. Penderitaan saya akibat didera wasir akhirnya mencapai puncaknya pada 20 Mei 2000: di rumah saya tidak mampu lagi berjalan dari kamar mandi menuju kamar, usai BAB. Sebagai gantinya saya merangkak. Perlahan karena saya merasa seolah-olah jika ada gesekan sedikit saja akan membuat semuanya semakin parah. Kaki saya tegang, perut saya kembung dan merasakan BAB yang tidak tuntas sementara pikiran saya kalut.

Saya baru menikah selama kira-kira sebulan, pada waktu itu. Istri saya yang menyaksikan saya merangkak dan merintih, lalu menangis. Dia berusaha membopong saya tapi saya terlanjur tak berdaya dan terus merintih. Istri saya yang juga tidak tahu harus berbuat apa juga tak bisa menolong saya hingga kemudian dia berinisiatif mencari majalah Intisari yang pernah dia baca dan memuat tentang penyakit wasir dan penyembuhannya. Saya dan istri saya lupa judul artikel yang dimuat majalah itu tapi kata istri saya, Intisari itu adalah edisi khusus kesehatan. Ketika menulis artikel ini saya mencoba menjelajah internet dan menemukan artikel yang dimaksud berjudul “Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi” dimuat oleh Intisari edisi Februari 1999.

Ada nama seorang dokter yang disebut dalam artikel itu. Dia adalah dr. Niko M. Manaf, ahli bedah digestif dari Rumah Sakit Kartika, Polumas, Jakarta Timur. Disebutkan dalam artikel, dr. Niko berhasil membuat para penderita wasir sembuh total hingga tingkat 80 persen melalui metode suntik (sclerotherapy). Istri saya tak berpikir panjang dan hari itu sekitar pukul 10 pagi dia mencoba menghubungi RS Kartika. Dari keterangan pihak rumah sakit diperoleh keterangan dr. Niko pada hari Sabtu itu memang praktek dari pukul 11-12 siang. Istri saya lalu mencoba meyakinkan pihak rumah sakit agar “menahan” dr. Niko.

Dalam bayangan istri saya hanyalah kekhawatiran: tak bisa menempuh perjalanan dari Ciputat ke Pulomas hanya dalam waktu satu setengah atau dua jam dengan membawa pasien wasir akut dan tak tahu lokasi pasti rumah sakit yang bersangkutan. Kekhawatiran istri saya hampir menjadi kenyataan karena tiba di rumah sakit hanya bertaut kira-kira lima menit sebelum dr. Niko pergi. Saya lalu diperiksa dan inilah kesimpulan dia: pada anus saya sudah terdapat enam atau lebih benjolan berupa polip atau pembengkakan pembuluh darah yang parah dan itu harus segera diambil tindakan. “Anda beristirahat dan kembali ke sini hari Senin untuk operasi,” kata dr. Niko.

Pada Senin 22 Mei 2000, saya akhirnya benar-benar menjalani “operasi pengangkatan” wasir. Semula saya sempat khawatir jika wasir dioperasi, saya akan menjadi impotent seperti yang saya dengar sebelumnya. Namun dr. Niko menyakinkan, “Saya yang menjamin semuanya akan normal bahkan lebih hot.” Tiga hari setelah dirawat, saya diizinkan pulang dengan pesan dr. Niko kepada saya, “Silakan ngeden semaunya, makan apa saja, dan sebentar lagi Anda insyaallah akan punya anak.”

Dokter itu benar, hari-hari setelah itu saya benar-benar merasakan terbebas dari wasir atau yang sering dipelesetkan sebagai penyakit “kutub selatan” hingga sekarang. Empat bulan setelah itu, istri saya hamil.

Pengobatan wasir yang dipraktekkan oleh dr. Niko adalah metode penyuntikan (injeksi). Metode kedotekran ini berdasarkan metode kedoteran Timur dan lebih menjanjikan. Melalui metode yang pertama kali digunakan pada 1993 ini, yang disuntik bukan hanya wasirnya tapi juga otot anusnya. Tujuannya agar otot anus bisa mencengkeram dengan baik dan merata di seluruh bagian (lihat “Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi” majalah Intisari, Februari 1999)

Macam obatnya cukup banyak tergantung tingkat keparahan wasir. Makin parah tingkatan penyakitnya diperlukan kualitas obat wasir yang makin bagus. Dengan obat yang lebih bagus, perbaikan yang terjadi akan lebih baik. Obat ini akan berada di bagian yang disuntikkan sekitar 2 minggu. “Selama dua minggu itu dia memperbaiki struktur otot anus. Dia akan memperbaiki kontraksinya, membentuk aliran darah baru, dan menghilangkan varisesnya. Wasirnya tidak mengkerut melainkan mencair dan diserap tubuh,” jelas dr. Niko.

Diharapkan, dengan sekali tindakan, wasir tidak kambuh lagi. “Seperti dikatakan oleh penemu obat wasir ini, sekali suntik untuk seumur hidup. Mudah-mudahan begitu. Saya sudah menolong ribuan orang, hasilnya kira-kira seperti itu,” ujar dr. Niko. Tingkat kegagalannya diperkirakan cuma 2 persen. “Yang tidak berhasil itu karena tidak mengikuti petunjuk. Umpamanya hari ini disuntik, beberapa jam kemudian pulang ke Bali dengan kereta api, sehingga mekanisme pengobatannya tidak jalan,” ungkapnya.

www.gunthergifts.com

Apa sebenarnya yang disebut wasir? Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris Hemoroid) adalah penyakit pada anus dimana sphinchter ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau faktor genetika (keturunan).

Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk atau tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.

Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah. Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bukan gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

Penyakit ini terutama banyak diderita oleh mereka yang bekerja di bawah tekanan (deadline) seperti wartawan, akuntan, tentara, dan sebagainya. Ada sebagian orang, misalnya anak-anak disebabkan oleh faktor genetik sementara pada ibu-ibu hamil disebabkan oleh berat kandungan. Sayangnya memang, sebagian besar pengidap penyakit ini cenderung merasa malu untuk menceritakan apalagi memeriksakan diri ke dokter, seperti yang juga pernah saya alami. Alasan utamanya adalah letak penyakitnya yang di anus yang dianggap memalukan. Akibatnya banyak penderita wasir yang terus menderita dan sudah parah kondisinya ketika diperiksa ke dokter seperti dalam kasus saya.

Jika Anda punya wasir, karena itu jangan pernah malu memeriksakan ke dokter. Atau kalau Anda bertanya kepada saya, apa yang seharusnya dilakukan, saya merekomendasikan segeralah pergi ke dr. Niko, dokter pensiunan Kolonel TNI-AD yang bekerja dengan hati dan telah menyembuhkan ribuan penderita wasir. Sebaliknya jangan pernah percaya pada praktek-pratek alternatif yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak profesional yang sering diiklankan di televisi dan media cetak kecuali Anda ingin semakin parah menderita wasir dan menghabiskan puluhah juta rupiah sebagai ongkos pengobatan.

Dia, dr. niko saat ini masih praktek di RS Kartika Pulomas dan sudah mendidik beberapa dokter muda untuk mengikuti jejaknya. “Satu dari Surabaya, satu Semarang, dan satu di Bandung. Dokter itu sedang mengambil sertifikat di Beijing,” kata dr. Niko kepada saya dalam sebuah percakapan, Sabtu sore (19 Januari 2008).

105 pemikiran pada “Wasir, dr. Niko dan Pengalaman Saya

  1. Tolong sy menderita wasir, pantat sampai kaku, lemas, sakit sekali saat bab, setelah bab sakit bukan main, mau kentut juga susah, tolong apakah ada pengobatan oprasi yg menjanjikan di surabaya.. Tolong.. Sy benar2 menderita..

  2. Saya tinggal di pekanbaru riau pulau sumatra. Istri saya menderita wasir stadium 4 kata dokter. Berbagai pengobatan telah dicoba namun belum berhasil. Mohon saran untuk dapat menyembuhkan wasir istri saya tanpa operasi. Dan apakah dokter Niko membuka praktek pengobatan di sumatra? Atau mungkin sudah ada anak didiknya yang di sumatra? Terima kasih sebelumnya. Wassalam…

  3. Saya baru menjalani perawatan dr tindakan dr. Nico, jujur bg saya dr.nico emg luar biasa, ramah komunikatif shga kt dpt bertanya mslh apapun seputar penyakit hemorid Ɣğ dialami. Dr. Niko menjelaskan secara detail. Saya 8 tahun menderita ambeien, dan masuk k grade 3. Tindakan dr.niko hany perlu opname 1 hari di rs. Hari ini tindakan bsk dah blh pulang. Bagi penderita hemoroid sy sarankan k dr.nico. Saya sudah membuktikan sendiri. Semoga lekas sembuh ya..dr.nico msh praktek d rs.kartika pulomas senin-sabtu jam 11-13

  4. Istri saya menderita wasir sdh 4 thn sekarang istri sy sdg hamil 7 bulan ,skrg istri sy sedang kambuh wasirnya,mohon petunjuk,kl boleh apa dr nico msh praktek di rs kartika pulomas.
    Trims

    • Pak Hendi dan teman-teman yang lain, yang bertanya di mana praktik, nomor kontak, dan biaya operasi wasir dari dr Niko, silakan baca semua komentar dari artikel ini. Berusahalah sedikit.

  5. mhon diberitahu alamat dan no tlp dr. niko krn pnyakit ini bnar2, saya adalah penderita wasir akut, krn hmpir 17 thn saya mendrita pnyakit ini, faktor ktrunanlah pnyebabnya

    hanya baru2 ini saya paham tentang pnyakit ini dan sudah sgt trlambat skali. saya bnar2 minta tolong. Terimakasih bnyak sblumnya

  6. selamat siang dr. Niko,!
    Saya punya keluhan kalau setiap BAB sangat untuk keluar dan sakit sekali dan terasa nyeri di bagian lubang anus, setelah saya periksa ternyata ada benjolan sedikit keluar, dan setelah saya periksa ke klinik saya di katakan terkena penyakit bisul anus.
    Mohon dr. Niko bagaimana cara penangananya, pengobatanya ?

  7. Salam… Sekedar sharing pengalaman barangkali bisa membantu…
    Saya, sepupu saya, temen saya, dulu punya wasir yang parah.
    Sekarang alhamdulillaah sembuh total. Tidak ada sakit sama sekali. Benjolan makin hari makin menipis. Suami bu yuli, pendarahan parah, mau dioperasi, tapi ga jadi. Kami semua sembuh dari wasir yang menyiksa dengan herbal. Kami minum VCO campur tomat kukus. VCO 3 sendok, Tomat kukus 2 butir. Dikonsumsi 3x sehari. Info lebih jelasnya silahkan berkunjung ke web ini. Ini pengalaman pribadi..

    http://obat-herbal-ampuh.blogspot.com/2012/05/obat-tradisional-untuk-wasir.html

    Terimakasih moderator

  8. Saya juga mengalami yg anda alami saya mau Tanya untuk berobat dengan Dr. Niko habis berapa total biayaya nya biar saya bisa mempersiapkan Dana nya tolong di share ya

  9. saya penderita wasir sudah lama semenjak sd dulu. sekarang says sudah menikah. dan sedang hamil anak kedua. wasir saya kali ini begitu menyiksa sekali sekali setiap BAB langsung bengkak. dan lumayan lama bengkaknya. klo saya bisa hub dr. nico ada no yg bisa dihub. biar saya bisa konsultasi dulu berhubung saya sedang hamil. jadi takutnya akan ada beberapa pantrangan. tolong di bantu y mas

      • dr. Niko praktek di Rs. kartika pulomas, beliau srkarang juga praktek di RS. hermina Jatinegara. tp di hermina itu beliau hanya buka di kelas eksekutif, biaya konsul kelas eksekutif hermina 245 ribu sekali visit… itu baru konsul, belum tindakannya. wasir itu memang penyakit yang menghabiskan uang banyak, saya juga mengeluarkan uang banyak buat wasir.

  10. makasih ada sharing ttg wasir di sini. Anda sNgat berpahala karna anda menyebarkan kebaikan :)
    enam thn lalu wasir sy pernah di ikat….. sekarang hamil anak ke 2 kambuh lagi karna kerja saya underpressure dan banyak duduk.
    saya hr ini juni 2013 ke dr Niko. Subhanallah… dia pengalaman sekali,,,, beda dgn 2 dokter bedah sebelumnya yg saya temui di RS international sekalipun.
    dia sepuh sekali, kira2 70 tahun an…. tp bisa membaca masa lalu orang. Dia membaca keadaan saya 20 thn yg lalu saat saya SMA. Subhanallah… dr mana dia tau, pikir saya.
    Oh ya, skr dia jg praktek di Rs Hermina Jatinegara. Tadi, tarif konsul dan tindakan teropong anus Rp. 500 ribu. Minggu depan saya injeksi, dan harus nginap semalam. tarif nya kurang lebih 15 juta an…. di hermina kelas dua.
    mahal ? memang…. memang segitu kalau mau sembuh total. Tp untunglah semua di cover asuransi. Ada gunanya juga yaaa asuransi :)

    • Mba Bariah pake asuransi apa mba.
      Aku ada asuransi prudential
      Kyanya aku kena penyakit wasir tp blm jelas banget karna gejalanya cuma berdarah sedikit saat BAB
      Dan ada sedikit perih kalo BAB
      15 juta itu udh include semuanya ya mba

  11. Maaf pak Rusdi, perkenalkan nama saya Avi cucu dari dr. Niko, kalau ada waktu bisa menemui kakek saya dr Niko do RS Kartika Pulomas, ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada pak Rusdi. Atau hubungi kakek saya melalui handphone beliau

  12. Bila anda ingin operasi wasir, anda bisa menghubungi dokter Basuki. Beliau adalah dokter spesialis kulit dan kelamin, juga ahli menangani wasir. Beliau praktek di RS St.Carolus Jakarta tiap hari Rabu dan Jumat sore, dan RS Antam tiap hari Senin-Jumat dari pagi hingga jam 2 sore.

    Sebaiknya menghubungi beliau di RS Antam saja, karena rumah sakit tersebut relatif sepi karena masih baru sehingga anda tidak perlu antri. Alamat RS Antam : Jl.Pemuda Raya No.1A – Pulo Gadung – Jakarta Timur, Tlp 021-29378939. Sebaiknya tidak menghubungi beliau via telepon. Biaya relatif terjangkau sekitar 2 jutaan saja, untuk pastinya bisa tanyakan beliau sebelum operasi. Rasa sakit saat operasi tentu saja ada, makanya anda harus makan dan mencukupi energi anda sebelum operasi. Anda harus rileks dan tenang biar dokter bisa melakukan operasi dengan baik.

    Namun bila anda tidak ingin operasi karena faktor biaya, rasa takut, kejauhan dari Jakarta, dsb, anda bisa minum obat saja, al : antibiotik dan penghilang rasa sakit, juga salep penghilang radang. Nanti wasir anda jadi kempes, bengkaknya hilang, dan enakan lagi. Untuk nama obatnya bisa tanya saja via email saja : multiproduk@rocketmail.com.

    Semoga info ini bisa membantu. GBU.

    • Biaya operasir wasir tergolong besar bagi kebanyakan.
      Setahu saya ada program pemerintah untuk layanan kesehatan gratis.
      Coba ditanya ke RT di tempat anda prosedurnya. Biasanya dikasi surat pengantar dari RT/RW untuk berobat ke puskesmas. Bila dokter puskesmas tidak bisa menangani maka anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit. Biaya operasi dan obat di rumah sakit rujukan tersebut tidak akan dibebankan ke anda. Lumayan bukan…:)

  13. saya baru seminggu mengalami ambien, tapi sakitnya benar2 tidak tahan sampai saya berobat dengan menggunakan askes, saya dikasih anti biotik, nyeri dan obat yang dimasukkan dari anus. itu tak kunjung baik. sampai akhirnya saya browsing tentang masalah pengobatan ambien ini, wah tambah pusing lagi saya karena melihat biaya pengobatan yang cukup besar. akhirnya saya berobat ke klinik ditempat langganan saya (tidak menggunakan askes), karena saya tahu kalau berobat disana bergaransi “jika tidak sehat balik lagi, dikasih obat lagi dan tidak bayar sepeserpun. berharap sakit saya masih bisa ditolong dengan obat. tapi setelah dicek ambien saya sudah parah dan tidak bisa di beri obat karena efek obat hanya meredakan saja. saya dikasih pilihan mau operasi atau suntik… akhirnya saya pilih suntik walau harus inden dulu untuk menunggu obat suntiknya nunggu sekitar 1 hari. tapi setelah saya suntik, saya merasakan sakit sekali sekitar 3 menit, setelah itu skitar 15 menit saya tidak merasakan sakit lagi dan saya bisa membawa motor sendiri. untuk penyembuhannya saya harus menunggu 1 atau 2 minggu, karena setelah disuntik itu akan mengeluarkan cairan. jika cairan itu tidak keluar saya harus kontrol lagi karena pertanda itu ada yang bermasalah, tanpa menggunakan biaya lagi, karena biaya itu sudah include…. ya mudah2han saya bisa sembuh…. karena Allahlah yang maha penyembuh.

  14. “AMBEIEN/WASIR”
    (INSYA ALLAH SEMBUH TANPA OPERASI/INJEKSI/RASA SAKIT)
    Jangan buru2 dioperasi,dikhawatirkn malah bisa mmprburuk permasalahan dgn adanya resiko efek samping yg ditimbulkn( dampak dari pemotongan bagian jaringan tubuh yg mnjdi gejala dari penyakit ambeien yg mana adalah bukan akar penyebab dari penyakit ambeien itu sndiri)seperti:
    1. Timbul infeksi pada luka bekas pemotongan jaringan ambeien(dimana luka sembuhny lama krn berada di daerah dubur yg lembab/kotor)menimbulkan dampak traumatis bagi penderitany yg harus menahan sakit/panas/gatal/panic,khususny saat buang air besar(BAB)
    2. Menciutnya saluran pembuangan sekitar dubur/anus akibat pemotongan jaringan ambeien saat operasi atau metode yg lain,menimbulkn dampak BAB sulit & sakit,juga beresiko trjdiny luka pada daerah yg menciut tsb krn gesekan dgn feses yg brlebihn,& dikhawatirkn bisa muncul ambeien lagi krn mengejan trlalu keras
    3. Harus mengorbankn perasaan malu krn daerah private yaitu dubur/anus harus dilihat orang lain/dokter.
    4. Kemungkinan ambeien muncul lagi (krn yg ditangani saat operasi adalah gejala dari penyakit ambeienny,bukan akar penyebab penyakit ambeienny).
    5. DLL.
    Untuk menghindari resiko tsb,saya menawarkn terapi alternative yg diharapkn mudah2 an “ AMAN/NYAMAN/EFEKTIVE ”
    AMAN : -Diharapkn tidak ada efek samping(kalau proses penjalanan terapinya tdk berlebihan)
    -Tidak memperburuk kondisi ambeien.
    NYAMAN: -Minimal rasa sakit,bahkan tnpa rasa sakit.
    -Tidak mengorbankn rasa malu,krn tdk hrs mmprlihatkn daerah dubur/anus
    EFEKTIF: InsyaAllah mmberikn efek penyembuhan yg signifikan walaupun bertahap,trgantung
    kondisi penyakit & efektifitas proses terapiny.
    Terapi ini pd intiny adalah untk merilekskan tekanan didaerah ambeien & menyeimbangkn efek ketegangan pd daerah tsb utk menormalkn kembali fungsi , anatomi serta metabolisme jaringan daerah ambeien tsb.
    Manfaat yg bisa cepat dirasakan adalah meringankan gejala yg dirasakan(rasa sakit,gatal,panas,panik insya Allah berkurang scr signifikan,dan dimungkinkn scr lebih lanjut bisa memberikan efek penyembuhan.
    Catatan:Akar penyebab penyakit ambeien diantarany adalah adanya ketegangan/stress pd jaringan didaerah ambeien yg brlebihan ,disebabkn diantarany oleh:
    1. Stress/gelisah yg berlebihan(kurang rileks)
    2. Duduk/berdiri trlalu lama
    3. Mengejan yg berlebihan
    4. Diet yg keliru shg jaringan tbuh lemah/rentan krn kurangnya nutrisi pd jaringan tsb.
    5. DLL

    Sehingga utk mendukung terapi penyembuhan penyakit ambeien ini ,hrs diupayakan utk menghindari penyebab penyakitny.

    Untuk pertolongan pertama (yg sifatny bisa meringankn gejala yg dirasakn):

    -Kalau bercebok sehabis BAB,usahakan menggunakan air hangat(agak mendekati panas sedikit kalau tahan),dimaksudkn utk melancarkn aliran darah didaerah dubur yg bisa mmprcepat reaksi penyebuhan luka & memberikan efek nyaman dgn brkurangny rasa gatal.

    Catatan:Kalau cebok pd posisi jongkok,jgn lama2,usahakn kalo udah bersih,posisi cebokny diteruskn smbil berdiri aja,utk mngurangi tekanan pd dubur.Pd saat cebok usahakn sambil memijat2/mmberikn tekanan daerah dubur dgn mnggunakn jari untuk mmbntu mengempeskn ambeien luar(jangan smpai digaruk kalo terasa gatal,ditekan2 aja)

    -Jgn suka duduk sambil brsandar
    -Hindari dan control stress/emosional (usahakan dibuat rileks spt dbantu dgn makan camilan ringan yg sehat)
    -Kalau tidur,bntal jgn tinggi2 utk meringankn efek tekanan pd perut & ambeien.
    -Tetap berdoa memohon kemudahan utk diberi kesembuhan dari ALLAH.

    Untuk terapi fisik yg merupakan terapi inti yg sy tawarkn sbg alternatif penyembuhan yg dimungkinkn Insya Allah signifikan dlm efek penyembuhannya bisa mnghubungi tlp (081913086658)

    *(Maaf kalau tlp tdk diangkat mgkn pas lagi sibuk ada kepentingan lain)*

  15. Bang saya mau tanya apakah setelah ditangani dokter niko wasir abang langsung hilang atau harus tunggu 2 minggu? Kondisi saat ini bagaimana? Apakah sdh tidak ada keluhan? Mohon jawabannya karena saya sedang cari info sebanyak2nya sebelum lakukan penanganan wasir saya. Thank

  16. Maaf baru menulis pengalaman saya setelah berobat ke dokter niko satu tahun lalu (nopember 2012) di rs kartika pulomas. semua hampir sama seperti yg pak rusdi katakan. Utk 2 minggu pertama sungguh menyiksa (saat buang air besar) tapi setelah itu semua normal dan alhamdulillah sampai sekarang tidak ada keluhan. Biaya konsultasi dan cek anus serta kontrol setelah tindakan kurleb 400rb (tahun 2012). Utk biaya tindakan tergantung kelas kamar yg diambil. Karena jatah asuransi 400rb maka saya ambil yg kelas 1, 1 kamar sendiri ada sofa utk tamu dan utk tidur yg nunggu. Cukup murah utk kelasnya. Total biaya sekitar 16jt, berhubung pakai asuransi, sebagian besar dicover tapi ada satu obat yg tidak dicover alias bayar sendiri, sekitar 1 jutaan. Semoga bermanfaat.

Berikan Balasan

