Dicari: Joko Suprapto


Dia adalah penemu Blue Energy bahan bakar alternatif pengganti BBM. Namun sejak 7 Mei 2008, Joko tak diketahui keberadaannya. Ke mana Joko pergi?

oleh Rusdi Mathari

JANGAN MENCARI JOKO SUPRAPTO, TIDAK JUGA FOTONYA JIKA tidak ingin kecewa. Lelaki yang melesat namanya sejak menemukan penggunaan bahan bakar alternatif Blue Enegry ini, sejak 7 Mei lalu raib, tidak jelas keberadaanya. Istri dan anak-anaknya, mengaku juga tak tahu di mana suami dan ayah mereka. Di internet, bahkan fotonya juga tidak terlacak.

Joko sejauh ini memang luput dari perhatian media. Namanya baru mencuri perhatian ketika berlangsung acara perubahan iklim PBB di Bali, tahun lalu. Waktu itu Joko bersama timnya, tiba di Bali dengan dua Ford Ranger 2500 CC, satu Isuzu Panther 2500 CC Diesel, satu Mazda Familia 1800 CC dan satu Bus Mitsubishi 4000 CC. Di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mereka melaporkan penggunaan bahan bakar alternatif non BBM yang diberi nama Blue Energy atau Minyak Indonesia Bersatu. Benar, itulah bahan bakar yang bersumber dari air.

“Seluruh mobil itu bisa sampai di Denpasar dan langsung dicek di bengkel yang dilengkapi dengan alat uji emisi dari PBB. Hasilnya, seluruh mobil dalam kondisi yang sangat baik,” kata Heru Lelono, Ketua Tim Blue Energy, sesaat setelah melaporkan hasil yang didapat oleh timnya kepada SBY.

Namun bukan soal keberhasilan kendaraan uji coba itu benar yang seharusnya menarik karena di balik itu, ada nama Joko sebagai penemu bahan bakar berbahan air. Joko melakukan penelitian tentang bahan bakar air sejak 2001 di rumahnya, di Ngadiboyo, Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur. Menurut dia, idenya berasal dari Al Quran. “Semua yang ada di bumi bermanfaat bagi kehidupan manusia,” kata Joko seperti dikutip Radar Kediri edisi 4 Desember 2007.

Ide dan penelitian Joko, semula bukan hanya mendapat penolakan tapi juga cemoohan. Rumah tangganya beberapa kali terancam bubar karena Joko membiayai penelitiannya dengan dana yang diperoleh dari hasil menjual barang-barang yang ada di rumahnya. Para akademisi juga meragukan penelitiannya dan Joko dianggap orang tak waras. Namun ketika Joko berhasil menyelesaikan penelitiannya pada 2005 dan dibuktikan pada acara perubahan iklim di Bali, banyak pihak yang mulai memperhatikan Joko.

Bahan bakar sintetik temuan Joko dibuat dari pengganti molekul hidrogen dan karbon tak jenuh. Proses pembuatannya sama dengan minyak fosil tetapi dengan kadar emisi yang jauh lebih rendah. Prinsip kerjanya adalah memisahkan H plus dan H2 min dengan bantuan katalis-katalis dan proses tertentu sampai menjadi bahan bakar dengan jumlah ikatan karbon tertentu. Karbon kkarbon (C-C) yang bergandengan dipisahkan. Joko mengistilahkan pemisahan C-C sebagai “orang pacaran yang diganggu. Semua air termasuk air tanah, menurut Joko bisa dijadikan Blue Enegy, tapi ”Paling bagus air laut kalau air tanah, kasihan warga karena harus menyedot dari bumi.”

Sebelum mengenalkan temuannya pada acara perubahan iklim itu, Joko sebetulnya sudah sempat bertemu dengan Presiden SBY pada awal 2006. Pertemuan itu membuat SBY terkesan, dan pada Minggu 25 November 2007, Joko bersama tim berangkat dengan dari kediamaan SBY di Cikeas, Bogor menuju Bali dengan kendaraan yang semuanya berbahan bakar air. Hasilnya pada 3 Desember 2007, lima kendaraan dari berbagai jenis itu sukses tiba di Bali tanpa mengalami gangguan apa pun. Di Bali, rombongan ini mengikuti eksebisi clean air, clean fuel and clean vehicle.

“Sudah dicoba sendiri oleh Bapak Presiden. Beliau kemarin sempat duduk di belakang knalpot bus ini sambil menciumi asapnya. Paspampres (pasukan pengamanan presiden) sempat kerepotan takut Presiden karacunan, tapi tidak. Coba saja,” kata Heru dikutip Jawa Pos edisi 30 November 2007.

Konon bahan bakar air temuan Joko sudah mulai diproduksi di Cikeas. Dibandingkan harga BBM yang rata-rata di atas Rp 5.000 per liter, bahan bakar air milik Joko hanya berharga Rp 3.000 per liter.

Kini di tengah krisis energi BBM dan harganya yang mahal, nama Joko kembali banyak disebut orang: Temuan Joko dapat dijadikan alternatif bahan bakar pengganti BBM yang berbahan fosil. Pada 7 Mei 2008, alumnus Fakulta Teknik Elektero UGM, Yogyakarta itu dikabarkan telah berangkat ke Jakarta naik pesawat udara melalui Bandara Juanda, Surabaya. Sejak itu, keberadaan Joko tak diketahui oleh keluarganya: telepon genggamnya tak bisa dihubungi. Aparat intelejen dari Kodim dan Polres Nganjuk menurut Radar Kediri sudah mulai mencari keberadaan Joko. Ada yang menyebutkan, Joko memang sedang dicari-cari oleh SBY.”Dia sekarang sedang dicari-cari,” kata salah satu teman dekat Joko kepada Radar Kediri edisi 21 Mei 2008.

Kepada harian yang sama, Winda, istri Joko mengatakan, dirinya sedang menunggu sampai batas waktu yang diberikan oleh suaminya, 20 Mei. “Kalau ternyata sampai tanggal 20 tidak pulang, saya baru ambil tindakan,” kata Winda.

Ke mana Joko pergi? Mudah-mudahan dia memang “disimpan” oleh SBY dan bukan diculik oleh pihak tertentu seperti spekulasi banyak orang.

About these ads

98 pemikiran pada “Dicari: Joko Suprapto

  1. “tomi, di/pada Mei 26th, 2008 pada 8:32 am Dikatakan:

    Bangsa Indonesia tidak pernah belajar dari kebohongan2. Mimpi terus dan tidak akan pernah bisa maju. Cerita joko suprapto ini akan berakhir dengan KEBOHONGAN DAN RASA MALU. dunia ilmiah punya jalannya sendiri. joko hanyalah pembohong yang dimanfaatkan oleh kebodohan”.
    Siapa sih yg ngomong ini, sok banget kayak org pinter aja

  2. Oksigen+minyak=karbon+karbon dioksida+karbon monoksida+.. air!!

    Jadi energi utk ngubah air jadi hidrogen&oksigen minimal sama banyaknya dengan energi yang dihasilkan (dan karena tidak mungkin sempurna selalu lebih banyak, terbuang sebagai panas,gesekan dll). Wake up, hukum kekekalan massa, kekekalan unsur, kekelalan energi, dll.

  3. @Ace

    Duh pak, ngomong yang pasti-pasti aja lah.. Air aki itu cuma namanya aja yang air. Sama sekali ga bisa diminum karena merupakan larutan H2SO4 pekat. Please deeh..

  4. @yoto :
    sepakat sama sampean boss…
    mungkin yang dimaksud adalah aquades boss, buatnambah air akki kalo berkurang..
    kalo aquades khan emang air murni…

    dan yang bilang aki saja bisa menghasilkan energi hanya karena air, berarti sampean harus kembali ke SD.
    Akki hanyalah menyimpan energi. tidak menghasilkan. Buktinya masih perlu dicharge. Kalo menghasilkan energi, ngapain mobil pake didorong2 kalo akkinya drop…

    Lama2…penduduk negeri ini makin aneh2 saja…
    Sesuatu yang ilmiah, scientific itu pasti bisa dibuktikan…. dan tentu saja pembuktianya tidak hanya ” duduk dan mencium bau asap knalpot….”

    So, ada 2 kemungkinan ”
    - Kalau pak joko benar dengan hasil penemuanya, indonesia akan hebat
    - Kalau salah, inilah dagelan terbesar abad ini….

  5. Gw pikir nich si Joko bohong, cari sensasi aja, tapi okelah kita asumsikan dia benar mungkin dia bakal jadi Bill Gates ke-2 dan Jadi Pahlawan Nasional yg bakal dimakamkan di kalibata sana, tapi kalo ternyata dia bohong mending kita gebukin dan telanjangin rame-rame di lapangan bola sambil dikelitikin..he..hee….

  6. menurut gw, sample bahan bakar yang dibuat Joko dites dulu di Lab, di urai kandungannya, benar itu air atau bukan atau hanya pertamax/BBM yang di kasih pewarna, baru di tes pake mobil omprengan atau bajaj, kalo di tes pake monil Ford Ranger dan keluaran2 terbaru jelas aja emisinya rendah

  7. Alhamdulillah, akhirnya bangsa ini boleh lega atas temuann sdr. Joko Suprapto,,,blue energy merupakan rahmat Allah yang diberikan kepada bangsa ini, mari kita gugah kepada segala pihak untuk segera merealisasikan kesempatan yang diberikanNya, semoga kesulitan bangsa ini bisa teratasi., amin

  8. Sudahlah, terima saja kalau sampeyan sekalian sudah dibohongi Joko. Jangan lari dari kenyataan.

    Gak ada tu Joko “diculik”, “diancam”, “dibungkam” atau apalah. Dia kabur karena panik kebohongannya mulai terbongkar. Menipu presiden bisa diganjar penjara berapa tahun ya ?

  9. Ini nih omongan ilmuwan beneran

    “Kalau ditanya lebih dalam seperti tidak terbuka, ada semacam ada kebohongan,” kata Eko Aji yang menjabat sebagai Lead Consultant UNDP dan BPPT saat berbincang dengan detikcom lewat telepon, Senin (26/5/2008).

    Eko bersama tim dari BPPT mengaku menyambangi booth tim blue energy sebanyak 2 kali. Dan sesuai logika berpikir peneliti jelas-jelas air laut tanpa proses tertentu tidak mungkin menjadi bensin.

    “Jadi mereka mengaku air laut itu dicampur dengan senyawa tertentu, lalu berubah menjadi bensin. Tapi mereka tidak mau menjelaskan bagaimana prosesnya. Dan yang kita lihat hanya hasil akhir yaitu bensin atau solar yang dimasukkan ke mobil. Dan itu tidak pakai alat lagi,” jelasnya.

    http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/05/tgl/26/time/112958/idnews/945067/idkanal/10

    Joko suprapto dkk, antara lain purwanto pernah menemui rektor ugm (waktu itu prof.sofyan effendy) pada tahun 2005/2006 memperlihatkan hasil temuannya pembangkit listrik tenaga ???? dalam bentuk kotak ukuran kulkas kecil yang katanya mempunyai kapasitas 25 kwatt. Saat itu maksud kedatangan ke UGM untuk minta pengakuan/rekomendasi temuannya itu.

    Saya selaku Kepala Pusat Studi Energi diminta rektor untuk mendampingi demo peralatan tersebut. Karena minta pengakuan, kotak ajaib Pembangkit Listrik Tenaga ??? tersebut ingin dibeli/dipinjam di UGM untuk diuji, tetapi beliau tidak membolehkan. Akhirnya salah seorang (yaitu Purwanto) saya minta menemui saya di Pusat Studi Energi UGM untuk diskusi ilmiah seputar Pembangkit Listrik Tenaga ???.

    Dari hasil diskusi, akhirnya saya menyimpulkan bahwa beliau-beliau tersebut penipu. Apalagi setelah saya cek ke tempat workshop-nya di Surakarta di jalan serengan sesuai dengan kartu nama perusahaannya tidak ditemukan. Alamat tersebut ternyata rumah direktur PDAM Surakarta, dan orang sekitar tidak ada yang tahu dengan kelompok tersebut. Dan setelah saya lacak, Purwanto yang merupakan salah satu anggota dari kelompok Joko Suprapto beralamat di wilayah Pakis-Delanggu.

    Dan saat itu juga telah menceritakan awal air sebagai bahan bakar, dan saya sudah tidak percaya. Dan saat bertemu dengan Rektor, beliau telah mengambil gambar (foto) rektor dan kita-kita di rumah rektor UGM. Jadi Kelompok Joko Suprapto adalah penipu, ingin memanfaatkan kepanikan masyarakat menghadapi krisis energi.

    Sudiartono PSE-UGM

  10. wahhhhhh koq rame banget sih….
    joko emang pinter ngomong ,pake air laut soalnya kalau pake air tanah ……..
    pake air laut itu biar gampang diproses secara elektrokimia,aku sudah coba dan memang secara teori bisa tapi energi yang dpakai lbh krg sama dengan yang dihasilkan kecuali pembangkit listrik pakai tenaga air atau angin atau gelombang laut tapi kalau masih pakai pln yah sama aja dehhh apalagi pln-nya subsidi.Sekarang ini gue lagi melakukan percobaan terus ….hasilnya 50 ml minyak tanah campur air dapat hidup selama 1,5 jam lebih…dg api yang biru dan asapnya adalah uap air dan kompor air yang dari jateng aku juga sdh bisa buat dan sekarang aku sedang mencoba untuk menghasilkan hidrogen yang banyak dari air tapi sayang terbentur biaya .Aku juga menemukan secara tak sengaja proses kimia yang bisamenghasilkan ledakan yang dahsyat dan juga carbon dan juga tepung bila dibakar bisa menyala apakah ini proses pembuatan C4 aku tak tahu soalnya aku hanya lulusan SMA. Tabung yg aku pakai hanya bekas baygon koq n modal juga senin kemis.Tapi aku optimis dalam waktu dekat aku akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat u/ kenderaan bermotor.

  11. nah, kan. Ketahuan kalo orang Indonesia memang masih gampang dibohongin. Bahkan presidennya sekalipun. Termasuk yang nulis blog ini dan komentator-komentar di awal.

  12. Haduh…cape baca komentar2 di awal blog ini, kapan bisa maju bangsa Indonesia?
    Gini jadinya kalo agama gak didukung ilmu pengetahuan, buta; kalo sebaliknya akan sesat;gak heran kalo ada orang bilang bisa minum air aki (H2SO4),gila!
    Logikanya, andai Joko Suprapto itu benar, kenapa BBM naek?Demo disana-sini?Andai dia benar, buktikanlah secara ilmiah. Ingat hukum alam itu berasal dari Allah, dan hukum itu kekal adanya,dan kita disuruh mempelajarinya, bukan cuman manggut-manggut, ngait-ngaitin dengan Quran, trus melakukan penipuan publik, suruh presiden nyium knalpot, gueblekkk!!! dimana keimanan tuh orang??!!!

  13. einstein bilang “imagination is more imprtant than knowledge” so people, jangan berhenti bermimpi bakal ada bahan bakar pengganti bahan bakar fosil. tapi soal si joko ini ma emang dukun penipu, ngapain2 ditutupi coba. ayo tunjukan, bikin confrensi pers. demo. terus dapat nobel dan jadi orang terkaya di dunia. bill gate pasti kalah kalo dia matenin teknologinya.

  14. saya masih gak paham dengan temuan beliau ini.

    dan kenapa bisa murah.

    soalnya,

    yang saya tangkap, air laut diambil H-nya? terus dgn proses tertentu membentuk bahan bakar (yang mengandung Carbon entah dari mana –tidak disebutkan di artikel di atas–)

    DAN,

    saya merasa ada kerancuan dalam memahami temuan beliau.

    Penelitian untuk menggunakan AIR SEBAGAI BAHAN BAKAR memang ada, dan tujuannya adalah membuat mesin yg bisa menggunakan air secara langsung untuk menghasilkan energi.

    Sedangkan temuan Joko Suprapto ini kan lain. Beliau mengaku bisa membuat “bensin” dari air laut, murah pula. Jujur saja saya masih meragukan temuan beliau bisa “murah”. Saya yakin ada yang ditutup2i…

  15. Saya Bukan ahli dibidang bahan bakar..tapi AL-QUR’AN menyetakan و جعلنا من الماء كل شيء حي dan kami jadikan dari air segala yang hidup..Nah karang mesin/energy benda hidup ga ? tapi walau bukan benda hidup Ayat tadi tidak menutup kemungkinan air suatu saat bisa dijadikan bahan Bakar.

    Belajar aja terus, sapa tahu ALLAH ku dan atau TUHAN mu memberikan Petunjuk

  16. Bang Benyamin, yg dimaksud di Qur’an itu hujan/irigasi mengairi ladang dan kebun, yg bisa menghidupi manusia dan hewan. Baca dong konteksnya. Bisa juga ditafsirkan, air sebagai komponen utama makhluk hidup (terbukti juga secara sains).

    Kalo mau beriman, berimanlah dengan akal sehat. jangan beriman buta (baca teks doang).

  17. Ilmuwan beneran angkat bicara !

    ”Pada akhir Desember 2005 Joko Suprapto bersama 8 temannya ke UGM menggunakan mobil rental. Mereka diterima Rektor UGM Prof Sofian Effendi, didampingi Dr Chairil Anwar,” papar Sudiartono (kepala Pusat Studi Energi UGM). Di depan Rektor UGM di rumah dinas, Joko memperlihatkan hasil temuannya tentang pembangkit listrik menggunakan tenaga yang tidak diketahui secara jelas. Ia mempresentasikan pembangkit listrik menggunakan empat buah batu baterai kecil, beberapa bola lampu 60 watt serta panel surya. Pembangkit listrik yang dipresentasikan tersebut memiliki kapasitas 25 kilowatt, sehingga membuat Prof Sofian sempat tertarik untuk membeli guna keperluan listrik di perumahan UGM. Saat itu sempat ditanyakan apakah di dalamnya ada accu atau inverter, ternyata tidak ada. Saat ditanya lagi berapa lama lampu akan menyala, dikatakan menyala selamanya. Dari sini Sudiartono mulai tidak percaya, karena menyalahi hukum kekekalan tenaga

    …..
    Selanjutnya, Purwanto mangatakan akan ada workshop kotak ajaib yang dipresentasikan di Surakarta dan lokasinya sesuai dengan alamat di kartu namanya. ”Setelah dicek ke alamat tersebut di Surakarta, ternyata alamat yang tertera di kartu namanya alamat Direktur PDAM Surakarta, bahkan orang sekitar tidak mengenal nama Purwanto,” katanya. Ketika dikonfirmasi via telepon, Purwanto mengatakan dirinya sedang berada di Magelang. Dalam percakapan lewat telepon Sudiartono langsung menuduh Purwanto penipu. ”Saya katakan, anda penipu, alamat workshop yang ditunjukkan rumah direktur PDAM Surakarta. Saya katakan putus komunikasi, karena anda penipu,” kata Sudiartono.

    http://222.124.164.132/web/detail.php?sid=165058&actmenu=35
    Siapa yang masih belum percaya kalau Joko Suprapto dkk bukan penipu ?

  18. saya yakin semua penemuan pak joko 100% benar. Mengingat presiden dan heru lelono group sudah merespon semua itu bahkan berani menampilkan pak joko di global warning bali. Tidak mungkin seorang HERU LELONO dan PRESIDEN INDONESIA sebodoh dan semudah itu di tipu oleh pak JOKO permasalahannya adalah kita tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi antara PRESIDEN – PAK JOKO-DAN HERU LELONO sehingga produk Blue Energy yang dijanjikan diproduksi dibulan april 2008 tidak terialisir. ini yang harus dijawab oleh mereka yang terlibat dalam proyek blue energy. sungguh ini adalah dosa yang sangat besar jadinya apa bila kepentingan pribadi atau ambisi personal adalah penyebabnya karena seluruh rakyat indonesia sudah sangat berharap untuk mendapat bensin dan listrik murah. Siapapun presidennya Negara kita sebenarnya tidak akan bisa memecahkan persoalan yang ada bila tidak bisa membuat listrik dan BBM yang murah. Pak joko adalah jawabannya lalu pak joko sudah bertemu dengan president dan heru lelono lalu tidak terialisir. ADA APA DIBALIK SEMUA INI ?

    TIDAK LAH LAGI PERLU MEMPERTANYAKAN KEBENARAN TEKNOLOGI PAK JOKO KARENA PRESIDEN DAN HERU LELONO TENTUNYA tTIDAK BODOH & PUNYA STAF AHLI UNTUK MENGUJI TEMUAN PAK JOKO SEHINGGA BERANI MEMBAWANYA KE KONFERENSI INTERNASIONAL DI BALI.

    MUNGKIN PRESIDEN DAN HERU LELONO TIDAK MAMPU MENGAKOMODIR KEINGINAN PAK JOKO DALAM MENINDAK LANJUTI PENEMUANYA SEHINGGA PAK JOKO KECEWA DAN TIDAK MAU MENERUSKAN PROJEK BLUE ENERGY.

    MUNGKIN TELAH TERJADI KESEPAKTAN YANG TIDAK BERIMBANG SEHINGGA SALAH SATU ADA YANG MERASA DIRUGIKAN DAN GAGALAH SEMUANYA.

    Yth. Bapak President dan Tuan Heru Lelono
    Apa bila yang terjadi adalah seperti yang saya utarakan diatas maka saya mewakili saudara saudara dinegri ini yang lagi sekarat memohon dengan hormat pada Bapak untuk dapat mensikapi teknology pak Joko secara arif . Kesampingkan dulu semua yang berbau materi dan ambisi derita rakyat yang utama Insya Allah bapak akan sukses dan materi maupun yang lainnya akan mengikuti Bapak. Amin.

    Yth Bpk. Joko Suprapto
    Saya paham dengan yang Bapak rasakan mudah mudahan bapak tabah dan selalu dalam ridlo nya.
    Hati hati dan tetaplah menjaga komitment hati bapak . saya sadar untuk mencari materi akanlah mudah bagi Bapak dengan menjual teknology bapak ke luar negri, tapi itu tidak Bapak lakukan karena peduli Bapak terhadap negri ini. Andaikan formula temuan bapak belum tersampaikan maka mohon bapak sudah mengamankannya dengan system yang saya yakin sudah bapak miliki. Mohon maaf bapak berurusan dengan bukan orang biasa mohon Bapak berhati hati tenntu saja seluruh rakyat kecil ada di belakang bapak.

  19. Sebetulnya kan sederhana aja, pakai aja Hukum Kekekalan Massa, atau Hukum Thermodinamika II, yang pada prinsipnya bahwa enerji yang masuk kedalam suatu proses akan sama dengan enerji yang keluar. (meski bentuknya berbeda).

    Kayaknya hukum ini belum terbantahkan, kalau penemuan Joko cs bisa menggunakan hukum itu, nah baru hebat. Laiknya penemuan ahli, harus bisa diuji secara ilmiah. Kalo belon apa-apa tidak mau diuji, maka itu semua BOHONG.

    Nah kita dikibulin sama orang-orang penipu. Apa betul, presiden SBY juga ikut dikibulin??, gimana tuh kerjanya orang-orang di istana, masak tidak cek dan ricek dulu sebelum ketemu presiden. Kalo udah begini, kan malu besar istana jadinya.

  20. Makanya buat dong percobaan2 supaya ngerti ………
    Carbonnya itu dari asap knalpot ……..
    Sekarang gue lagi ngembangin pengirit bbm u/ kenderaan dan ternyata sudah ada yang duluan ……maklumlah …hidup senin kemis….jadi nunggu dana dulu .
    Saya sangat yakin dg perpaduan antara listrik,rangkaian elektronika dan air maka energi yang tersimpan dalam air H2 akan dapat digunakan sbg BB pengganti BB fosil
    Dan mungkin kenaikan BBM ini adlh ketakutan dari para penghasil minyak fosil akan segera berakhir karena tidak ramah lingkungan.
    H2 yang ada di air sengaja tidak di blow Up karena takut disalah gunakan………..sebab air adlh sumber kehidupan dan juga sumber malapetaka.
    Sekarang kita tinggal menunggu revolusi di bidang energi dan ini tdk lama lagi……tunggu saja.BB fosil akan segera berakhir………….

  21. Mas joko bukan di culik tapi dia sedang tur ke beberapa negara untuk presentasi alias cari investor. dilakukan secara sembunyi2 karena kemungkinan besar presentasinya akan berhasil dan dia akan dia akan tinggal d negara tsb, dan gak mau di sebut pengkhianat bangsa. kalau itu terjadi SALAHKAN PEMERINTAH INDONESIA YG LEBIH MEMENTINGKAN KEKUASAAN DAN POLITIK DARIPADA EKONOMI, APALAGI SEBENTAR LAGI PEMILU AYO PERBANYAK UANG KALIAN JANGAN KEHABISAN JATAH KORUPSI KAN UDAH DISUBSIDI KEMAREN MA RAKYAT.

  22. Dua Tahun yang Lalu Saya Indra Jakanata mengakuisi sebuah Perusahaan yang didirikan oleh Joko Suprapto, Mirza dan Pak Lalu AF dengan singkatan Joko-Mirza-Lalu Electric atau (JLM Electric) karena Pak Lalu AF merasa ditipu oleh Joko S dan mengundurkan diri. Lantas Saya dan Kawan-kawan termasuk Orang dekat Menteri Kehutanan (MS Ka’ban) menginvestasikan dana sebesar 1 Milyar untuk membiayai Proyeknya Joko Suprapto yang waktu itu Teknologi ini diberi nama oleh Pak Lalu AF sebagai RPS (Reengeneered Power Supply) karena Mesin dalam Box tersebut dapat memperbesar Energy Listrik yang bersumber dari accu maupun dari PLN. Setelah menerima uang 1 Milyar, Joko Suprapto hilang tanpa kabar. Jadi Kalau sekarang Joko Suprapto Muncul, Mohon Masyarakat mempertemukan saya dengan Joko Suprapto untuk meminta pertanggung jawabannya, hal ini penting supaya Dia tidak lagi menipu orang, apalagi berani menipu UGM dan Presiden segala.

    Wassalam Indra Jakanata Jakarta HP. 08121900777

  23. Kalo ada orang bisa pake air sebagai bahan bakar, bukan berarti otomatis nyalahin hukum thermodinamika ato hukum elektrolisis Faraday. Ini karena banyak cara untuk memisahkan hidrogen dari air, bukan hanya oleh Faraday pada abad ke 19.

    Contohnya : http://jjap.ipap.jp/link?JJAP/44/396/

    link diatas udah melebihi efisiensi Faraday, dengan max. 80x lebih banyak hidrogen dihasilkan dibandingkan elektrolisis biasa. Ini bukan berarti menyalahi hukum alam. Jangan dulu menutup kemungkinan bahwa air bisa jadi bahan bakar, karena ilmu pengetahuan kita masih belon komplit. Mungkin aja di masa depan ada metoda lain yg lebih efisien untuk mendapatkan hidrogen dari air, sehingga cukup fisibel untuk dijadikan bahan bakar.

    Ini semua terlepas dari apakah si Joko itu penipu ato ngga.

    Juga saya liat banyak komentar yg ‘berbau’ nasionalistis, saran saya lebih baik jangan terbelenggu ama nasionalisme. Konsep nasinalisme itu hanya perpanjangan dari kesukuan, kedaerahan, kekerajaan dan rasisme ato -isme2 / konsep pengelompokan2 lainnya. Penemuan ilmiah / ilmu pengetahuan itu untuk kebaikan semua orang di dunia, ngga peduli ditemukan di negara mana oleh siapa.

    Orang2 Afrika juga udah mati kelaparan tiap hari. Jadi kalo mau bantu / peduli orang lain, jangan pake konsep picik nasionalisme, trus bilang kita harus bantu orang Indonesia dulu. Lebih baik kita bantu orang berdasarkan urgensinya, yg lebih parah harus dibantu duluan, ngga peduli orang dari negara mana.
    Apakah ada konsep nasinalisme dalam agama ? Jelas ngga ada karena nasionalisme ciptaan manusia. Agama ngga kenal pengkotak2an berdasarkan negara, itu hanya akan menyempitkan wawasan agama dan penganutnya.

  24. Anda Butuh Sarjana Hukum- Pria,me miliki kemauan dan dedikasi keras jujur dan bertanggung jawab, mempunyai keahlian di bidang Hukum dan Mikrosoft word, dan lain-lain segera hubungan Raden Ghandi Setiawan, SH No. Hp. 021-32796066

  25. Tulisan didit,

    TIDAK LAH LAGI PERLU MEMPERTANYAKAN KEBENARAN TEKNOLOGI PAK JOKO KARENA PRESIDEN DAN HERU LELONO TENTUNYA tTIDAK BODOH & PUNYA STAF AHLI UNTUK MENGUJI TEMUAN PAK JOKO SEHINGGA BERANI MEMBAWANYA KE KONFERENSI INTERNASIONAL DI BALI.

    Kita lihat aja apa yang anda tulis ini benar. nyatanya nanti terbukti bahwa memang benar staf akhli presiden yang menangani ini orang bodoh. jadi yang milih staf juga bodoh.

    Sangat konyol dan bodoh kalau temuan tersebut benar sudah dibawa ke konferensi internasional, memalukan.
    bangsa saja.

    Bagi pak Joko , dalam kehidupan kita harus pakai etika. memaparkan temuan juga ada prosedur dan etikanya jadi bapak juga harus ikuti etika dan prosedur tersebut tersebut.

    Andaikata temuan anda benar , maka sebentar lagi anda gigit jari krn ide anda pasti segera akan terbajak orang lain yang mempunyai peralatan dan anda akan kalah karena anda tidak lewat prosedur yang seharusnya.

    Caranya tulis prosedur sain yang anda temukan dan sampaikan ke ristek ( jangan kuatir dibajak). Tapi ini tidak bakal terjadi karena anda adalah penipu dan penghianat bangsa. Contohnya kalau anda sudah berhasil membuat bbm yang digunakan oleh serombongan kendaraan tentu anda sudah berhasil dan hebat.

    Tapi hal itu adalah penipuan dan sayangnya begitu bodohnya Tuan Heru Lelono ( kalayu saya presiden sudah saya pecat).

  26. ah dasar hoax, joko tukang tipu, ngaku2 lulusan UGM elektro, …..kalo almamater aja dah nipu, apalagi yang lain,…..hehehe…

    tipu

    tipu

    hoax

    hoax

  27. Pokonya saat ini kita hrs positif thinking aja deh tentang penemuan pak Joko saya pada dia atas , Karena itu adalah energy masa depan, saya sangat mendukung sekali blue energy ini. Karena dulu seperti penemu-penenu lainnya contoh: penemu telepon, penemu pesawat terbang , penemu bola lampu dulu juga dianggap org gila tapi sekarang kita pakai penemuan tersebut untuk kesejarteraan kita, maka saya duku pak Joko dengan blue energynya. siapa tahu saya juga bisa seperti dia. Sukses selalu pak Joko. sukses…sukses..sukses

  28. seorang pemimpi yang mungkin jadi penipu sampe ada akademisi yang ketipu, staff khusus kepresidenan juga kena, sepertinya orang nya bener2 pinter ngibul, tapi ya lumayanlah mimpinya mampu memberi mimpi yang indah, dari konsepnya saja udah ngk jelas, air jadi bensin, kalo jadi bensin sih bisa, ane udah tahu dari kecil, caranya campur air ma bensin takeran tertentu bisa tuh nyalain kompor tapi ya ati2 aja kompornya umurnya pendek ,sbb korosif, dulu emak sering spt itu tahun 80 an waktu harga2 pada mahal

  29. Tidak benar juga semua penghemat bbm menipu, dari ide http://www.water4gas.com saya kembangkan supaya elektroliser penghasil hydrogen HANYA dari air keran saja, TIDAK lagi menggunakan katalis kimia seperti baking soda dan KOH (kalium hidroksida), setalah 1,5 tahun riset didapat hasil yang cukup baik dengan dimuatnya alat buatan saya di MAJALAH MOTOR atau http://www.majalahmotor.com bagian kolom utilitas. Saya mengundang redaksi DETIK.com untuk menguji alat saya baik di motor dan di mobil, hari ini barusan datang orang dari group organisasi angkutan darat, minta dibuatkan spek khusus untuk truck kapasitas 6000cc, 12000cc, dan 16000cc. hal ini setelah baru saja diujicobakan di panther lama 2500cc direct injection ternyata memang ada hasilnya dan terasa peningkatan torsinya. Semoga Redaksi DETIK.com mau menghargai para inventor dan memilah apakah itu hanya dimanfaatkan sebagian orang untuk mencari keuntungan semata dengan hasil yang mengecewakan. Jika dari staf redaksi mau mencobanya di 1 kendaraan milik kantor DETIK.com, untuk dipasang dan diujicoba, gratis jika memang terasa manfaatnya. Alat dari saya sudah melewati beragan rangkaian uji kelayakan dan broken test, apakah alat ini menguntungkan atau merugikan (scam/ hoax belaka)

  30. Maksudnya ini apa yah? Ko ternyata di Amerika sudah ada
    cerita semacam ini? Memang kebetulan, atau…………..
    Wah kehidupan inin semakin ANEH !!!!!

    • eh, nambah lagi. Inilah kalo krisis terjadi. Shock harga bahan bakar minyak meroket, terus jadi nggak bisa mikir. Kok Universitas seperti Muhamadiyah bisa ketipu, emang nggak ada yang ngarti kimia dasar apa? Itu Amien Rais lagi pake ikut-ikut mendukung blue energy…. ya ampun. SBY juga…. parah dah. Makanya, hal pertama yang terjadi pada saat ada krisis adalah berpikir tenang tapi bertindak cepat. Susah? Emang. Tapi daripada ketipu. Apalagi kalau Anda tokoh masyarakat atau pimpinan. Kalau nggak tau, bilang nggak tau, jangan sok tahu, dukung ini dukung itu, nggak taunya penipuan.

  31. nothin’ is impossible in this world!!!!
    kalo dianggap joko supr5apto itu penipu ya!!!
    seperti itulah!!!!
    tapi yang aku tau tu air memang bisa kok di pisahkan hidrogennya dan digunakan untuk bahan bakar kompor gas.
    mudah bangewt caranya.
    air ente tambah soda api trus masukin aluminium foil/sebuk aluminium/ bisa juga ente pake kaleng bekas soft drink trus di masukin ke tabungf yang udah dimodif agar regulator bisa masuk.
    hidrogen akan berproduksi terus selama soda api dan aluminium masih ada.
    coba nyalain tu kompor…

    pasti nyala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s