Sejarah April Mop*


www.blogger.com

Namun ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum Muslimin dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah. Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji itu terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day”.

UMAT Islam sangat tak pantas merayakan “April Mop” atau “The April Fool Day”, karena kebiasaan itu merupakan peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol pada 1 April 1487 Masehi.

Umat Islam banyak yang “latah” dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, kata cendikiawan Muslim, Ir. H. Asmara Dharma, dalam tulisannya yang diterima ANTARA di Medan, Minggu.

Dijelaskannya, perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.

Kota-kota Islam di Spanyol, seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.

Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu menjanjikan keselamatan dan memperbolehkan ummat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka.

Namun ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum Muslimin dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah.

Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji itu terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day”.

Selanjutnya, kata Dharma, peristiwa “The April Fool Day” itu dipopulerkan menjadi April Mop dengan “ritual” boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal itu, tetapi bernuansa gembira.

“Ritual tersebut disyaratkan dengan tidak bolehnya orang yang ditipu dan dijahili itu marah dan membalas,” katanya.

Salah seorang remaja Muslim, Julia Putri, mengaku tidak mengetahui sejarah April Mop, meski sering melakukannya ketika masih di bangku sekolah.

Namun Julia mengaku terkejut jika perayaan April Mop terkait dengan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol.

Sementara itu, Rita Sahara, remaja Medan lainnya, juga menyatakan tidak mengetahui sejarah awal perayaan April Mop.

Dia menyatakan hanya mengetahui April Mop berkaitan dengan praktek menjahili, menyampaikan informasi bohong dan mengolok-olok orang lain dengan membuat kejutan.

Setelah mengetahui sejarah April Mop itu, ia mengimbau umat Islam, khususnya kaum remaja, tidak perlu merayakan April Mop karena sama artinya merayakan pembantaian umat Islam. (*)

*Dikutip secara lengkap dari kantor berita Antara, 30 Maret 2008, berjudul “Umat IslamTak Pantas Rayakan April Mop

About these ads

77 pemikiran pada “Sejarah April Mop*

  1. wah ini sih HOAX blaka!! hebat betul nih bs nulis karangan panjang2 kayak gini..untuk semua netter yg baca, mohon klo baca informasi apapun d internet dikonfirmasi yaa, supaya bangsa kita ngga bego2 amat, gampang kemakan artikel penipuan massal macam bgini..

    April Mop, atw dlm bahasa inggrisnya April Fool’s Day itu asalnya dari wilayah inggris dan prancis, bukan spanyol..tp asal mula April Fool’s Day itu bukan sesuatu yg dpentingkan oleh bangsa inggris maupun prancis, cm budaya leluconnya saja yg dipertahankan..nih, klo mau tau info YANG BENAR : http://en.wikipedia.org/wiki/April_Fools%27_Day..

    sekali lg saya menghimbau agar para netter ngga kemakan HOAX macam bgini, kasian bangsa kita makin jadi bangsa tolol dijejali berita2 SEJARAH PALSU bgini..

    peace, love, empathy,
    calon nabi

    • sama!!!, wikipedia dan sumber lain juga bisa dibikin… artikel yang di wikipedia kan juga sumbangan, sumber-sumbernya? emang orang ngecek.
      percaya buta pada wikipedia merupakan salah satu fanatisme. So…
      ikuti suara hati… lakukan sesuatu sesuai ideologi.

    • @cuheguevara :
      silakan cari d manapun di kolong langit ini, anda ngga akan menemukan sumber otentik yg mengatakan bahwa “Dajjal adalah netter ber-id calon_nabi”, bahkan anda tidak akan menemukan sumber otentik yg mengatakan bahwa “Dajjal mengatakan dirinya CALON nabi..netter2 seperti anda yg saya himbau untuk banyak2 belajar, supaya bangsa kita lebih pandai, ga terus2an jg bangsa tolol dan terpuruk..internet ini sumber informasi yg luar biasa, jgn sia2kan koneksi internet anda..

  2. pantes aja makin banyak otak yang terpuruk, lama2 anda akan menggunakan nick CALON TUHAN.. wkwkwkwkwk

    LOL

    mau bikin partai sesat mas ?? ckakakakak

  3. Haduh . . Malah pada perang c0ment . .
    Ngapain jg pd ribut,, apapun sejarahnya ,intinya qta g bleh bohong! Di hadist nabi kan jg ada. Barang siapa yg berbohong meskipun hanya bercanda tetap saja dianggap dosa!
    Masa gt aja kalian g tau. .hahaha. . .

    @calon nabi : gila, hebat bgt lo pake nick calon nabi? Udah ngrasa pantes ea jadi calon nabi?? Hahaha. . LoL

    • knapa netter2 yg komen d page ini banyak yg ga bisa mikir yaa?? BLUM PERNAH ADA dan NGGA AKAN PERNAH ADA YG NAMANYA “CALON NABI”..emangnya nabi pake dicalonkan?? apakah ngga ada diantara netter2 skalian yg memiliki logika?? nick lelucon aja dipermasalahkan..

      saya heran, knapa bangsa saya ini isinya orang2 seperti ngga berpendidikan..apakah nick yg saya gunakan menutupi KEBENARAN bahwa ARTIKEL INI HANYA HOAX BELAKA?? sekali lagi ARTIKEL INI HANYA HOAX BELAKA..apa yg dituliskan dalam artikel ini BERTENTANGAN DENGAN KEBENARAN dan SEJARAH..

      kalau memang di sini cuma ada netter2 BUTA LOGIKA yang ngga perduli kebenaran cm bisa berkelahi saja, maaf sekali, saya baru ngeh klo saya salah tempat..saya mohon diri..maaf klo ada yg kurang berkenan..trima kasih..

      peace, love, empathy
      calon nabi

      • Asslammualaikum Mr calon_….

        Saya cuma ingin mengoreksi sedikit kata-kata anda “kalau memang di sini cuma ada netter2 BUTA LOGIKA yang ngga perduli kebenaran cm bisa berkelahi saja”.. Coba deh anda baca lagi komentar teman2 di artikel ini, hayooo komentar siapa yang ngajak berantem.. Sepertinya mereka cuma mengingatkan, :)

        Mungkin anda kurang setuju dengan artikel ini (Anda menyebutnya buta logika) coba anda cek kembali link wiki yang anda berikan, tak ada alasan logis yang menjelaskan ‘The april fool day’ disana… oya coba baca bagian ini”still a day on which pranks are played in Spanish-speaking countries” mereka memang tidak bicara kalo tradisi ini berasal dari spanyol, tapi apakah spanyol tidak menggunakan spanish, menurut anda.. dan kemudian menyalahkan artikel ini..

        Sepertinya memang lebih baik kita crosscheck apa yang terjadi di spanyol pada 1 april sekitaran perang salib… tidak ada salahnya bukan.

        Oya sedikit tambahan “Diantara bentuk kebaikan Islam seseorang ialah ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (Hadits Hasan diriwayatkan oleh At-Tirmidzi)… Jadi ada baiknya kita mengukur seberguna apakah April MOP sampai kita harus berbantahan sesama saudara…??

        Tq.. :)

  4. Kok pada mati ketakutan klau sejarahnya benar..
    anda berpatokan pada buku2 sejarah yg di karang oleh umat non islam, skr ini bahkan seluruh media pun dikuasai musuh islam, mana mungkin mreka mau mengungkap cerita kekejaman dan kebohongan mereka sendiri, toh mereka yg mengendalikan sejarah dan media… ambil contoh terdekat.. pembantaian muslim poso, ambon dan sampit aja ditu2p-tu2pi, bahakan faktanya di putar balikan, gak satupun media elektronik dan cetak memberitakan kalau umat muslim anak2, ibu2 org tua di cincang dsana, bahakan dalam keadaan lg sholatpun….

    BUKA MATA KALIAN UMAT MUSLIM…. JANGAN TAUNYA CUMAN RAMALAN2 BINTANG, SESAJEN, KLENIK, NYEMBAH KUBURAN KIYAI, DLLL…..

  5. yg merasa berpendidikan n tidak buta logika, jelaskan donk alasan kenapa pakai nick calon_nabi. kalo cuma lelucon aja ya sayang sekali..

  6. Calon nabi.. apakah gak ada kata2 lain selain itu.. calon nabi gak usah lah menghasut orang lain.. emang lu dah yang paling bener sendiri.. biar lah mereka yang lakukan.. ini kan negara yang sudah merdeka or bebas.. yang pake nick calon nobi mending di ganti dengan yang lain.. LOL..

  7. yang penting bohong itu dosa,buat orang lain tersinggung jg dosa.Tuh dosa dari tuhan,,itu aturan tuhan…jadi gag bisa dong makhluk ngijinin sesama makhluk boong,and the blablabla tanpa dapet DOSA dari tuhan

    Jadi, sblum merayakan tuh April Mop,kalian hei makhluk,,harus mikir…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s